Informasi - RT/RW Net ( Hotspot )

 

R T R W   N e t 

Dari Kolektif jadi Prospektif 

 

RTRW Net , walaupun sudah tidak segegap gempita dulu kedengarannya, tapi gaung RTRW Net tetap terdengar keras. Apa sih sebetulnya RTRW Net itu ? Tulisan ini bukan hasil analisa terlalu mendalam atau penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun secara serius dan focus, tapi hanya diambil dari mendengar, membaca, mengobrol dengan sedikit racikan fantasi, analogi dan asumsi-persepsi, jadi tidak akan setajam SILET. J Oya jangan lupa kalo ada yang salah hampura dan CMIIW ya.

Namanya saja RTRW Net, nama ini kayanya lahir dari pemikiran Kang Onno W. Purbo yang juga menggagas keseluruhan konsep RTRW Net dari A sampai V, lho kok nggak sampai Z? ya ! karena dengan kreatifitas atau juga spekulasi pihak-pihak yang kreatif sudah terjadi sedikit perubahan dari konsep dasar RTRW Net sendiri, jadi yang W-Z dilengkapi oleh pihak lain.

RTRW Net : Rukun Tetangga Rukun Warga Internet, artinya internet untuk satu RT atau satu RW. Konsepnya lahir dari bagaimana ngakalin internet biar murah tapi bandwidth kenceng … karena untuk saat ini walaupun ISP dah bejibun, price war alias perang tarif antar ISP juga tidak kalah sengit dari Operator GSM … tetep aja internet di rasa masih mahal, kalau pun ada yang murah (dalam arti sebenarnya) tapi lemooooooootnya bukan maen … send file 32KB via YM! aja, masih sempet ngerokok dulu ngopi jalan2 kepasar pondok trus pas balik lagi belom beres juga … MasyaAllah ! RTRW Net digagas untuk sekali lagi ngakalin biar internetan murah tapi speed kenceng.

  

 

Konsepnya sewa BW dari ISP 64 atau 128 atau berapa kek … trus bayarnya system IURAN. Baguskan! Memang bagus … tapi ternyata ada kelemahannya, karena semua member (orang 1 RT atau RW ini) punya level sama semua, sebagian hanya user internet biasa, ketika ada TROUBLE, mulai deh pada tunjuk-tunjukkan, walhasil proses trouble shooting berjalan agak lama, belom lagi member yang ngambek karena ngerasa, ah sampean enak tiap hari saat bisa pake internet, lha saya paling bisa sabtu minggu doang ! Lho ini fakta lho boss … coba deh di cek kalo g percaya … J sampe akhirnya salah satu yang ngerasa mampu ngurusin dengan basic Networking bilang “ OK deh gini aja,biar semuanya ane yang urus, termasuk kalo ada perlu ganti peralatan atau apapun, tapi sampean-sampean bayar tiap bulan ke saya, GIMANA?” dan semua setuju.

Nah, akhirnya RTRW Net tidak lagi kegiatan NON PROFIT ORIENTED, tapi malah menjadi ladang baru di bisnis per-internetan. bersambung ...

Sambungannya ... Nah bila anda mulai tertarik untuk membangun bisnis RTRW Net trus apa saja perangkat yang musti disiapkan dan berapa biaya yang harus anda keluarkan? Untuk membangun RTRW Net perangkat yang harus anda siapkan secara garis besar,adalah :

A. Perangkat NOC (Network Operation Center)

  1. Antenna Omni Hyperlink HG2415U-PRO
  2. Jumper cable NM to NM
  3. Radio Wireless Ubiquity Powerstations2 Ext
  4.  PC Router dan Bandwidth Manager Mikrotik
  5. Tiang/ Tower Triangle dengan ketinggian disesuaikan dengan seberapa luas coverage yang anda inginkan,jangan lupa penangkal petir dan grounding system harus diperhatikan,pisahkan antara grounding tower dan grounding peralatan,pastikan impedansi masing-masing di bawah 1 Ohm,dari pada GOSONG semua
  6.  Lightning Arrester Altelicon ALNMNFB-9
  7. LAN Surge Arrester APC PNet 1
  8. Switch D-link 10/100Mbps 24 port
  9.  UPS ICA 1200VA 
Untuk instalasi dan setting wireless dan PC Router BW Manager Mikrotik bisa anda lakukan sendiri atau cari temen yang bisa atau sekalian aja jadi 1 paket,tinggal merem tau beres. Dengan perangkat di atas,anda sudah memiliki RTRW Net dengan coverage lumayan bagus.Coverage sebetulnya harus dipahami itu bergantung pada CPE (Client Permissions Equipment) atau perangkat yang di pasang disisi client,kalo sisi client hanya menggunakan wifi notebook,pda atau usb wireless adapter macam bluelink dan sinyal bisa di terima di dalam rumah,anda mungkin harus extra power membangun sisi NOC atau BTS anda,karena dengan perangkat yang kami sebutkan di atas,hanya bisa mengcover +/- radius 200 meter,itupun masih bergantung pada penghalang,bisa jadi di rumah yang jaraknya kurang dari 200m sinyal malah g ke detect sama sekali. Tapi kalo dengan antenna grid 24dBi 2,4GHz + radio wireless 100mW saja,paket perangkat di atas mampu mengcover 10km (LOS).
 
Selain paket perangkat untuk NOC atau BTS atau POP atau Sisi AP (Access Point) atau sisi pusat data,perlu juga anda persiapkan perangkat yang dalam hal ini kmai menyarankan menitikberatkan pertimbangan anda pada kualitas dan performance jangka panjang dari perangkat di sisi cliet,dari pada membeli perangkat yang MURAH tapi tidak MERIAH :) karena nanti anda akan direpotkan dengan troubleshoot yang berulang-ulang. Nah untuk perangkat sendiri kami memilihkan beberapa perangkat dengan kinerja yang sudah terbukti baik dalam jangka panjang,dengan harga yang relatif terjangkau :
  1. Radio Wireless Ubiquity Nanostations 2 (Untuk jarak < 3km)
  2. Radio Wireless Senao Engenius EOC2610 (Untuk jarak < 3km)
Untuk jarak lebih dari 3km kami menyarankan anda tetap menggunakan perangkat yang sama dengan tambahan antenna external antara 15 s/d 24dBi.
 
Pada prinsipnya dengan kesungguhan bisnis RTRW Net adalah bisnis yang cukup menjanjikan dengan catatan perangkat-perangkat yang anda gunakan adalah perangkat yang sudah teruji mampu bekerja baik dalam masa yang panjang,sehingga setiap malam anda tetap bisa tidur nyenyak,tidak ada dana yang lebih yang harus dikeluarkan untuk membackup perangkat atau sekedar untuk ongkos bensin troubleshooting teknisi anda.